Sunday, June 22, 2014

Nabi Rahmatan Lil ‘Alamin



Nama buku   : An Nuru al Khalid Muhammad \ النور الخالد محمد
Pengarang    : Muhammad Fathullah Golen
Penerbit         :  Cairo: Muassasah Ar risalah – Dar Al Nil
Tahun                        : 2007
النبي المرسل رحمة للعالمين
Nabi Rahmatan Lil ‘Alamin
Pada waktu itu kesesatan dan kedhaliman merajalela dimana-mana, penduduk kota Makkah telah mengetahui dari para pendeta Yahudi bahwa Nabi akhir zaman akan tiba, waktunya sudah dekat sekali, bahkan mereka saling memberikan wasiat satu sama lain: “ Bila Nabi sudah muncul, kamu harus cepat-cepat pergi kepadanya dan berimanlah dengannya!”. Semua ibu dan ayah berharap bahwa Nabi nantinya dilahirkan dari keturunan mereka, akan tetapi keturunan Nabi haruslah dari keturunan yang sangat mulia.

Pada masa tersebut, kehidupan tidaklah mempunyai makna, hati mereka kosong dari iman, seperti yang telah diberitahukan dalam alquran:
وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَعْمَالُهُمْ كَسَرَابٍ بِقِيعَةٍ يَحْسَبُهُ الظَّمْآنُ مَاءً حَتَّى إِذَا جَاءَهُ لَمْ يَجِدْهُ شَيْئًا  [النور : 39]
Segala pikiran, perasaan, dan perilaku semua telah jauh dari makna:
أَوْ كَظُلُمَاتٍ فِي بَحْرٍ لُجِّيٍّ يَغْشَاهُ مَوْجٌ مِنْ فَوْقِهِ مَوْجٌ مِنْ فَوْقِهِ سَحَابٌ ظُلُمَاتٌ بَعْضُهَا فَوْقَ بَعْضٍ إِذَا أَخْرَجَ يَدَهُ لَمْ يَكَدْ يَرَاهَا [النور : 40]
Inilah yang disebut masa Jahiliyah, pengertian Jahiliyah disini bukan dalam artian lawan tiada ilmu, akan tetapi lawan dari tiada tauhid kepada Allah.
Kedatangan Rasulullah merupakan suatu anugerah yang paling besar yang Allah berikan pada manusia, sebagai Rahmatan lil ‘Alamin. Ini merupakan suatu kebanggaan ketika seorang Rasul diutus dari kalangan manusia, yang berpikir seperti mereka, yang punya perasaan seperti mereka. Nah apabila manusia butuh kepada seorang pemimpin, maka Rasulullah ada sebagai seorang pemimpin, apabila butuh kepada seorang da’i, maka berikanlah dia mimbar dan Rasulullah lansung menjadi seorang da’i, dan bilamana butuh kepada seorang jenderal yang memimpin tentara dimedan perang, maka Rasulullah orang yang paling cocok untuk itu. Jadi semua kebutuhan dan jawaban yang diperlukan manusia ada padanya, inilah salahsatu dari sekian makna Rahmatan Lil ‘Alamin.
Dalam kaum Nasrani punya pemahaman yang salah terhadap Nabi Isa Alaihisalam bahwa Allah telah mengorbankan anaknya sebagai tebusan dosa manusia yang telah dibuang dari syurga ke bumi ini, dan manusia ini sebagai domba sesat yang penuh dosa. Pemahaman ini sangatlah sesat dan tidak masuk akal.
Nabi Muhammad diutus kedunia ini untuk memberi penerangan dalam pengertian seluas-luasnya. Di bangkit dikalangan kaum yang akan menyakitinya dan kaum tersebut akan menghina dan ingin membunuhnya, dengan hal tersebut Nabi Muhammad naik menjadi Insan al Kamil dalam makna yang luas.
Benar adanya bahwa Rasulullah lahir dari kalangan Jahiliyah dan berada diantara mereka dari semenjak lahir sampai umur 50, akan tetapi yang harus digaris bawahi bahwa beliau tidak berperilaku Jahiliyah, tidak berpikir seperti Jahiliyah, dan tidak ikut-ikutan menyembah seperti Jahiliyah, dan itu telah mereka akui kesucian Nabi. Kaum Jahiliyah dimasa itu menjadi saksi kemurnian Nabi dari perilaku dan kebiasaan mereka. Misalnya anda ingin musafir dan menitip istri anda, maka dengan tiada ragu, anda bisa menitip pada Nabi Muhammad, maka hati anda akan tenang selama musafir, begitu amanahnya Nabi yang Ummy ini.
Semua teman, karabat, bahkan musuhnya sekalipun mengakui kejujuran dan amanahnya Nabi, andai Nabi naik ke bukit Safa dan membuat pengumuman bahwa ada seekor kuda keluar dari bukit ini, apakah kalian membenarkan aku?, mereka menjawab: “ Ya, dan kami tidak ragu itu”. Seluruh penduduk kota sangat menyakini kejujuran Nabi, tidak ada seorangpun, bahkan Abu Lahab sendiri yang paling memusuhi Nabi bila ada orang yang mengatakan bahwa Nabi berbohong, dia tidak akan percaya hal itu.
Nabi Muhammad merupakan Nabi yang tidak pernah berubah perilaku dan akhlaknya dari semenjak lahirnya sampai wafatnya. Berbeda dengan kita, dalam satu hari saja lima kali berubah perilaku kita dan niat kita.
Dia menjadi kebanggan seluruh makhluk yang ada dimuka bumi ini dari A sampai Z. Ini yang merupakan Rahmatan Lil ‘Alamin.

No comments:

Ramadan

الغزالي